Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

22 Juli 2015

Terlalu Pedas

http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Beberapa hari yang lalu, saya memesan tiga porsi sate ayam. Betapa kecewanya saya ketika ketiga porsi sate yang saya pesan berbumbu pedas. Dokter melarang saya memakan makanan pedas karena lambung sedang dalam proses pemulihan.

Terlalu banyak makan pedas dapat mendatangkan penyakit yang cukup serius. Begitu juga ketika kita tidak bisa menjaga mulut kita dan suka berkata-kata; maka akan membawa penyakit bagi orang lain.

Makanan yang terlalu pedas pun akan saya tolak, terlebih lagi ketika ada seseorang yang berkata-kata; pasti akan ada rasa kecewa dan juga rasa penolakan dalam hati. Di sinilah saya belajar untuk bisa berhati-hati dalam berbicara dan juga belajar untuk menjaga perasaan orang lain.

Perkataan yang tidak dijaga akan menyebabkan pertikaian. Akan lebih baik mengatakan dengan lemah lembut daripada menimbulkan sakit hati.

Bibir orang bebal menimbulkan perbantahan, dan mulutnya berseru meminta pukulan.
(Amsal 18:6)