Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

11 Desember 2015

ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020

http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Gereja Keuskupan Agung Jakarta sebagai persekutuan dan gerakan umat Allah bercita-cita menjadi pembawa sukacita Injili dalam mewujudkan Kerajaan Allah yang Maha Rahim dengan mengamalkan Pancasila demi keselamatan manusia dan keutuhan ciptaan.

Atas dorongan Roh Kudus, berlandaskan spiritualitas inkarnasi Yesus Kristus, serta semangat Gembala Baik dan Murah Hati, umat Keuskupan Agung Jakarta berupaya menyelenggarakan tata-pelayanan pastoral-evangelisasi agar semakin tangguh dalam iman, terlibat dalam persaudaraan inklusif, dan berbelarasa terhadap sesama dan lingkungan hidup.

Melalui tata-pelayanan pastoral-evangelisasi yang sinergis, dialogis, partisipatif dan transformatif, seluruh umat Keuskupan Agung Jakarta berkomitmen untuk:

  1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu.
  2. Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam.
  3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan.
  4. Meningkatkan belarasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih.
  5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta.

Semoga Allah Yang Maha Rahim, yang telah memulai pekerjaan baik dalam diri kita, berkenan menyempurnakannya dan Bunda Maria menyertai, menuntun serta meneguhkan upaya-upaya kita.


Buku Pokok-pokok Gagasan Ardas (Buku Merah)

https://drive.google.com/file/d/0B-v9BnuLUS_ENHI3dVFDeVN5Rlk/view?usp=sharing

Dewan Kaya Pastoral (DKP) KAJ dengan pelbagai cara, sejak awal tahun 2015 sudah giat menyiapkan Arah Dasar KAJ 2016-2010. Persiapan ini melibatkan banyak pihak: – imam, suster, awam Katolik, berbagai ahli dalam berbagai bidang ilmu, tokoh-tokoh agama lain – dan dilakukan dengan berbagai cara seperti Focus Group Discussion, penelitian lapangan, pertemuan para pastor yang bekerja di KAJ. (Mgr. I. Suharyo – Uskup Agung KAJ).

Silahkan Download : Buku Pokok-pokok Gagasan Ardas (Buku Merah)



Buku Implementasi Ardas (Buku Biru)

https://drive.google.com/file/d/0B-v9BnuLUS_EQ3VZRkFUbWlTUGc/view?usp=sharing


Rumusan ARDAS KAJ 2016-2020 pasti melangit. Dewan Karya Pastoral (DKP) KAJ berkewajiban membantu umat Allah dengan menerbitkan buku yang berisi penerapan ArDas dalam Rencana Strategis (Implementasi dan Renstra). Rencana strategis ini merupakan petunjuk yang berisi kesepakatan, penentuan arahan dan strategi, serta pengambilan keputusan untuk berkomitmen tentang pengelolaan serta alokasi sumber daya (modal dan manusia) Gereja KAJ untuk melaksanakan gerak bersama melalui program karya yang direncanakan dan mengacu kepada 5 sasaran prioritas ArDas selama tahun 2016-2020. RD. Samuel Pangestu (Vikaris Jenderal KAJ).