Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

27 October 2015

Ziarah Ke Gua Maria Sawer Rahmat - Cisantana Kuningan

http://theresia-patria-jaya.blogspot.co.id/2015/01/blog-post.html

Pada hari Sabtu, tanggal 24 Oktober 2015, bulan Devosi kepada Bunda Maria, Lingkungan Santa Theresia mengadakan Ziarah Gua Maria Sawer Rachmad, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat dengan jumlah peserta (46 orang) mulai yang berumur 3 tahun hingga 76 tahun.


Adapun Uiub khusus peziarahan suci kita adalah :
  1. Keberhasilan panggilan Frater Subekti menjadi Imam dari Ordo Projo Keuskupan Agung Jakarta, yang pada saat ini sedang menjalani Tahun Orientasi Pastoral di Nabire Papua.
  2. Keberhasilan Pembangunan Gereja Paroki Kalvari, Pondok Gede Jakarta Timur paling lambat Desember 2015.
  3. Mendapatkan karunia Khusus kesembuhan bagi para sesepuh lingkungan yang pada saat ini mulai mendapat  pencerahan kesehatan dari Tuhan dan Juru Selamat Yesus Kristus.
Gua Maria Sawer Rahmat terdapat disebuah desa di Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat yang bernama Desa Cisantana. Desa Cisantana terletak di lereng sebelah Timur, Kaki Gunung Ciremai pada ketinggian lebih kurang 700 meter dari permukaan laut. Daerah tersebut merupakan wilayah pertanian dengan suhu udara yang cukup dingin. Menurut catatan di Gereja Cisantana, umat Katolik didaerah ini berjumlah lebih kurang 1.200 orang yang sebagian besar hidup dari pertanian dan beternak sapi perah. Suasananya masih sejuk karena terletak di hutan alami, namun jalan setapak yang berupa jalan salib menuju Gua Maria sudah dialasi dengan potongan tipis batu kali. Mendaki ratusan anak tangga membuat kaki para peserta ziarah semakin lama semakin terasa berat dan nafas jadi ngos–ngosan karena rute jalan yang menanjak esktrim dan menurun, mungkin saja rata–rata peserta sudah lama sekali tidak berolahraga.

Gua Maria Sawer Rahmat yang konon dibangun atas inisiatif penduduk setempat, terletak disebuah bukit yang bernama Bukit Totombok, sebelah Barat Desa Cisantana. Gua Maria Sawer Rahmat kini seakan–akan telah menjadi tempat keramat dan seringkali menjadi tempat prosesi keagamaan umat Katolik. Peresmian Gua Maria Sawer Rahmat ini dilakukan pada tanggal 21 Juli 1990 oleh Kardinal Tomko.


Dengan menggunakan 1 bus dan berangkat sejak pukul 05.30 WIB, dan sampai dipelataran parkir yang berada diareal parkiran Gereja Katolik "Maria Putri Murni Sejati", dan Susteran Ursulin - Cisantana, Cigugur - Kuningan pukul 09.30 WIB.



http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Usai jalan salib, lalu dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang bertempat di Gedung Gereja yang berada di sekitar area Gua Maria.

Permenungan yang didapat dari prosesi ziarah ke Gua Maria Sawer Rahmat, rasa – rasanya merubah dalam kehidupan kita, yang kerap membutuhkan orang – orang yang walaupun sejenak membantu. Tetapi bagaimana kita bisa menemukan orang – orang yang seperti Maria, Simon, Veronika yang bersedia membantu secara spontan. Sikap yang yang tidak mau hidup berbagi menjadi penghalang masuk kedalam kehidupan kekal.

Semoga jalan salib yang sudah dilakukan bisa membuka hati dan pikiran hal – hal mana saja yang masih kurang. Inilah inti dari perjalanan peziarahan, mana yang perlu dalam kehidupan. Semoga dengan jalan salib dan Ekaristi kita semakin didekatkan pada Allah.

Dan usai melakukan ziarah ke Gua Maria Sawer Rahmat, pukul 14.30 WIB. Lalu ketika waktu menunjukkan pukul 17.00 WIB kita kembali ke Jakarta dengan sekalian berbelanja oleh–oleh khas Cirebon didaerah pusat kota, lantas perjalanan kembali pulang menuju Jakarta melalui tol Cipali (tol terpanjang di Pulau Jawa) yang diresmikan oleh presiden Joko Widodo (JOKOWI).

Semoga dengan perjalanan ziarah kali ini, kami umat lingkungan Santa Theresia - Patria Jaya semakin menambah rasa kerukunan, saling mengenal serta persaudaran yang erat diantara umat.

Photo-photo kegiatan Ziarah ke Gua Maria Sawer Rahmat, Cigugur, Cirebon. 


Silahkan Klik : Photo