Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

25 Juli 2015

Hidup Kudus

http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Seperti apakah hidup kudus itu? Ada beberapa orang yang mengakui telah berhasil hidup secara kudus, namun pada kenyataannya mereka masih hidup dalam kedagingan. Hidup kudus harus dapat melakukan 4 hal yaitu, kerendahan hati, ketaatan, kasih dan juga penyerahan diri.

Kerendahan hati adalah sifat dimana kita bisa menekan kesombongan yang selama ini telah melekat dalam kehidupan kita. Mungkin secara tidak sadar, kita ingin orang lain tahu tentang kehebatan kita. Ada juga rasa ingin menjatuhkan orang lain. Jika kita telah melakukan hal tersebut, maka kita gagal dalam ujian kerendahan hati.

Taat kepada Tuhan juga merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Menghindari hal-hal yang begitu menyenangkan dan menguntungkan di dunia merupakan ujian terberat. Ketika kita lengah, maka kita sama halnya masuk dalam jerat dosa.

Berikutnya adalah kasih. Kasih merupakan satu kata yang sangat mudah untuk diucapkan namun sangat berat untuk dilakukan. Kita berpikir bahwa seseorang yang telah jahat pada kita sangatlah tidak pantas unutuk kita kasihi. Sedangkan Yesus, Dia telah mengorbankan Diri-Nya untuk menebus orang-orang yang telah melakukan dosa dimana dosa tersebut telah mendukakan hatinya.

Hal terakhir adalah penyerahan diri. Bisakah kita berserah penuh kepada Tuhan? Bisakah kita melepaskan semua keraguan kita? Ketika kita masih kuatir akan kehidupan yang sedang kita jalani, itu sama halnya kita meragukan penyertaan Tuhan.

Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

(Imamat 20:7)