Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

01 Oktober 2015

Kekristenan adalah Pengorbanan

http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/


Saya mengenal satu keluarga muda yang sekarang sangat aktif bekerja di ladang pelayanan di sebuah gereja lokal. Mereka adalah keluarga sederhana; si istri bekerja sebagai buruh, pekerjaan suaminya lebih ke serabutan, dengan satu orang anak yang baru saja masuk TK. Karena belum memiliki rumah sendiri, mereka harus tinggal dengan keluarga besar mereka. Akan tetapi, dengan kondisi yang demikian, saya bisa melihat karya mereka bagi Tuhan setiap harinya; tidak berkurang, tetapi justru semakin bertambah. Mereka juga selalu murah hati dalam hal pemberian-pemberian kepada kami, rekan-rekan sepelayanan mereka.

Pelayanan memang seringkali berhubungan dengan pengorbanan. Orang-orang yang telah jatuh hati terhadap pekerjaan Tuhan tidak akan memandang setiap usaha, doa, daya, dan dana sebagai suatu hal yang perlu diperhitungkan. Mereka akan melakukannya dengan senang hati, semata-mata karena hati mereka dipenuhi dengan sukacita karena keselamatan yang sudah Allah kerjakan dalam hidup mereka.

Pencarian terbesar dalam hidup kita orang percaya haruslah mengenal Allah secara intim dari hari ke hari, mengenal dan memakai kuasa kebangkitan-Nya untuk menaklukkan dunia dan segala yang ada di dalamnya, mengenal persekutuan dalam penderitaan-Nya sebagaimana Kristus telah menderita untuk menyelamatkan dan melayani orang lain, serta menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya (kematian terhadap segala keinginan daging dan keangkuhan hidup) semata-mata untuk melakukan kehendak Allah. Inilah yang seharusnya orang Kristen lakukan; menyangkal diri, memikul salib, dan mengikut Yesus (Lukas 9:23).
Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.
(Filipi 3:11-13)