Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

25 Oktober 2015

Perjumpaan Yang Mengubahkan


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Kisah Zakheus si pemungut cukai adalah cerita Alkitab yang sangat terkenal. Keinginan besar Zakheus yang pendek untuk melihat Yesus membawanya naik ke sebuah pohon. Tidak berhenti pada sekedar melihat saja, Yesus yang mengetahui ada Zakheus di atas pohon justru memberikan diri-Nya untuk mampir dan makan di rumahnya. Selanjutnya, kita mengetahui bahwa perubahan yang luar biasa terjadi dalam hidup Zakheus. Ia bertobat. (Tapi tahukah Anda bahwa arti nama Zakheus adalah “kesucian” dan bahwa Yerikho (tempat di mana ia bertemu dengan Yesus berarti “perubahan.”)

Pohon yang dipanjat oleh Zakheus seringkali dijadikan gambaran dari kayu salib. Lewat kayu salib setiap orang tidak hanya akan sekedar melihat Yesus, tetapi juga bertemu dengan-Nya, mengenalnya secara pribadi. Lewat salib orang akan menerima sorga (keselamatan). Lewat salib orang juga akan menerima pemulihan (kesembuhan, kebebasan, dan hidup). Lewat salib orang juga akan mengalami perubahan (mereka menjadi pribadi yang lebih baik).

Kalau Anda bertemu dengan Yesus sekarang, Anda akan mengalami semuanya itu. Itulah mengapa kita harus bertemu dengan-Nya setiap hari. Ia dapat mengubah Zakheus menjadi orang yang baik, Ia juga dapat mengubah kita menjadi orang yang lebih baik. Dan lebih dari itu, ia akan menyembuhkan, membebaskan dan menyelamatkan kita.

Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu".
(Lukas 19:5)