Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

05 Oktober 2015

Perbuatan Baik dan Kekristenan


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Melihat tayangan-tayangan satu stasiun televisi lokal, kadang saya menyempatkan waktu untuk sejenak mendengar acara kerohanian mereka (yang bukan acara kerohanian Kristen). Kesimpulan saya, ajaran mereka tak kalah baik dengan ajaran kita. Tetapi, saya coba memikirkan ulang, apa perbedaan dari perbuatan-perbuatan baik yang mereka anjurkan kepada para pengikutnya dengan perbuatan-perbuatan baik yang Yesus ajarkan. Jawabannya, mereka berbuat baik untuk memperoleh sorga. Sedangkan kita, orang percaya, berbuat baik karena sudah menerima sorga.

Seseorang yang diberi sebuah hadiah pasti akan menunjukkan rasa terima kasihnya kepada si pemberi hadiah; mengirimkan kartu ucapan atau mengundang orang itu untuk makan malam di rumahnya. Ia melakukannya bukan untuk mendapatkan hadiah, tetapi karena ia sudah menerimanya. Sama halnya dengan kita. Keselamatan (surga) adalah milik kita saat kita percaya dan menerima Yesus (itulah janji firman Allah). Jadi, kita berbuat baik (seperti yang diperintahkan oleh firman) bukan karena kita ingin diselamatkan, tetapi sebaliknya karena kita sudah diselamatkan.

Orang yang mengaku dirinya Kristen tetapi tidak hidup memberi diri dan manfaat bagi sesamanya, bukanlah orang Kristen. Orang yang mengaku orang Kristen, tetapi hidupnya tidak mencermikan kemurahan hati dan kasih Kristus, bukanlah orang Kristen. Karena kebaikan kita pada dasarnya seperti kain kotor (tidak dapat membeli keselamatan-Yesaya 64:6), maka hiduplah dengan penuh ucapan syukur karena pengampunan Kristus, hiduplah seperti layaknya orang Kristen sejati.

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.
(Lukas 7:47)