Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

10 Oktober 2015

Minggu, 11 Oktober 2015 - Hari Minggu Biasa XXVIII/B

Jadikan Kristus, Putra Allah, pusat kehidupanmu. Tapi ijinkan aku juga untuk mengingatkanmu bahwa mengikuti Yesus dalam iman berarti berjalan di sisi-Nya di dalam persekutuan dengan Gereja. Kita tidak bisa mengikuti Yesus menurut cara kita sendiri. Siapapun yang tergoda untuk melakukannya “dengan caranya sendiri” atau untuk mendekati kehidupan iman dengan semacam individualisme yang umum sekarang, tidak pernah akan sungguh menemui Yesus, atau akan berakhir dengan mengikuti Yesus yang palsu. (Paus Benediktus XVI)

Antifon Pembuka (Mzm 130:3-4)

Jika Engkau menghitung-hitung kesalahan, ya Tuhan, siapakah dapat bertahan? Tetapi, Engkau suka mengampuni, ya Allah Israel. 


 

Doa Pagi

Allah Bapa Yang Maha Pengasih, Engkau telah mencintai kami dengan kasih yang begitu besar. Semoga, kami pun senantiasa belajar dan berusaha untuk mencintai Engkau dan sesama melebihi cinta kami terhadap harta kekayaan yang akan binasa. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin. 

 Bacaan dari Kitab Kebijaksanaan (7:7-11)
   
  
"Dibandingkan dengan roh kebijaksanaan, kekayaan kuanggap bukan apa-apa."
   
Aku berdoa, dan aku pun diberi pengertian, aku bermohon, dan roh kebijaksanaan pun datang kepadaku. Dialah yang lebih kuutamakan daripada tongkat kerajaan dan takhta; dibandingkan dengannya, kekayaan kuanggap bukan apa-apa. Permata yang tak terhingga nilainya tidak kusamakan dengan dia, sebab segala emas di bumi hanya pasir saja di hadapannya, dan perak dianggap lumpur belaka di sampingnya. Kebijaksanaan kukasihi lebih daripada kesehatan dan keelokan rupa, dan aku lebih suka memiliki dia daripada cahaya, sebab kemilaunya tak kunjung henti. Namun demikian besertanya datang pula kepadaku segala harta milik, dan kekayaan yang tak terpemanai ada di tangannya.


Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, la = fis, PS 846
Ref. Tuhan memberkati umat-Nya dengan damai sejahtera.
Ayat. (Mzm 90:12-13.14-15.16-17)
  1. Ajarlah kami menghitung hari-hari kami, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. Kembalilah, ya Tuhan, berapa lama lagi? Dan sayangilah hamba-hamba-Mu!
  2. Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita sepanjang hayat. Buatlah sukacita kami seimbang dengan dukacita di masa lalu, seimbang dengan tahun-tahun kami mengalami celaka.
  3. Biarlah hamba-hamba-Mu menyaksikan perbuatan-Mu, biarlah anak-anak mereka menyaksikan semarak-Mu. Kiranya kemurahan Tuhan melimpah atas bumi! Teguhkanlah perbuatan tangan kami, ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah!
 Bacaan dari Surat Kepada Orang Ibrani (4:12-13)
    
"Firman Allah sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita."
   
Saudara-saudara, firman Allah itu hidup dan kuat, lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun! Firman itu menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum! Firman itu sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungjawaban.


Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do= f, 2/4, PS 961
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Mat 5:3)
Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (10:17-30) (Singkat: 10:17-27)
   
"Juallah apa yang kaumiliki, lalu ikutlah Aku!"
   
(Pada suatu hari Yesus berangkat meneruskan perjalanan-Nya. Maka datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya, "Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus kepadanya, "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorang pun yang baik selain Allah! Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta dan jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayah dan ibumu!" Kata orang itu kepada Yesus, "Guru, semuanya itu telah kuturuti sejak masa mudaku." Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya, "Hanya satu lagi kekuranganmu: Pergilah, juallah apa yang kaumiliki, dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin. Maka engkau akan beroleh harta di surga. Kemudian datanglah ke mari, dan ikutlah Aku." Mendengar perkataan Yesus, orang itu menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyaklah hartanya. Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya di sekeliling-Nya dan berkata kepada mereka, "Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah." Murid-murid tercengang mendengar perkataan-Nya itu. Tetapi Yesus menyambung lagi, "Anak-anak-Ku, alangkah sukarnya masuk ke dalam Kerajaan Allah. Lebih mudah seekor unta melewati lubang jarum daripada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." Para murid semakin gempar dan berkata seorang kepada yang lain, "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?" Yesus memandang mereka dan berkata, "Bagi manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian bagi Allah. Sebab bagi Allah segala sesuatu adalah mungkin!") Lalu berkatalah Petrus kepada Yesus, "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!" Maka Yesus menjawab, "Sungguh, Aku berkata kepadamu, barangsiapa, karena Aku dan karena Injil, meninggalkan rumah, saudara-saudari, ibu atau bapa, anak-anak atau ladangnya, pada masa ini juga ia akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak-anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan; dan di masa datang ia akan menerima hidup yang kekal."


 Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

Renungan
 
Kata Tepermanai diambil dari Bacaan Pertama bagian akhir, dari Kitab Kebijaksanaan. Kata ini tergolong langka digunakan dalam bahasa sehari-hari, mungkin karena mencakupi ranah yang terbatas. Hari ini adalah saat yang baik untuk menggunakannya sehubungan dengan bacaan-bacaan hari ini.

Pencarian tepermanai (maksudnya: yang paling berharga dalam hidup) dimulai dari seorang yang datang dan bahkan berlari-lari untuk bertanya kepada Yesus lalu menanyakan bagaimana agar memperoleh hidup kekal. Kelihatannya bagi orang ini, jawaban Yesus mendesak sekali. Rujukan jawaban Yesus adalah kesepuluh perintah Allah. Dengan bangga orang itu mengatakan kepada Yesus bahwa semuanya itu telah dituruti sejak masa mudanya. Inilah keunggulan Yesus yang mengetahui lubuk hati manusia. Ia tahu bahwa orang tersebut masih memiliki kekurangan yang besar dalam dirinya, walaupun ia kelihatannya orang yang sempurna.

Permintaan Yesus berikutnya, agar melaksanakan perintah Tuhan tersebut dengan menaruh perhatian kepada orang miskin. Jawaban Yesus ini membuatnya seakan tidak berdaya, karena menuruti perintah Tuhan adalah memang gampang, tetapi untuk melaksanakanya butuh perjuangan dan bahkan pengorbanan. Justru letak tepermanai sehubungan dengan iman akan Yesus Kristus adalah melaksanakan perintah ini.

Soal melaksanakan, itu menyangkut semua orang beriman. Misalnya, kita mungkin setiap hari Minggu tidak pernah absen pergi ke gereja yang di dalamnya tidak ada pembedaan status ekonomi, jabatan, etnis dan sebagainya. Kita adalah satu dan sama di dalam Gereja Katolik. Dalam hal ini, kita sempurna untuk menurut perintah Tuhan, untuk menguduskan hari-Nya. Mungkin kita juga bangga seperti orang yang datang kepada-Nya. Sehubungan dengan itu, Yesus seakan mengajukan pertanyaan korektif, apakah kita sudah melaksanakan perayaan hari Minggu itu sepanjang pekan? Apa jawaban kita akan pertanyaan ini?

Sebagai seorang Kristen mestinya kita memiliki jawaban untuk itu, karena Kristen berarti pengikut Kristus. Kita datang kepada-Nya, dengan cara berjalan (sedikit orang), naik becak, naik sepeda motor atau mobil. Kita tidak pernah berlari. Harapan Yesus sikap kita tidak seperti orang yang datang kepada-Nya, yang lemas dan tidak bisa berbuat apa lagi kecuali malu karena tidak mampu melaksanakan perintah Tuhan.

Pencarian tepermanai dalam hidup dijawab oleh Kitab Kebijaksanaan. Ia seakan bertanya, “Jika kalian berdoa, apa yang kalian mohon kepada Tuhan?” Ia mengajak kita agar jangan memohon kekuasaan, takhta, pangkat, kekayaan, emas, perak, kecantikan, kegantengan, awet muda, kesehatan, dan berbagai permohonan lainnya, tetapi hanya pengertian dan kebijaksanan. Inilah kebutuhan sebagai pengikut Kristus. 

Antifon Komuni (Bdk. Mzm 34:11)

Orang-orang kaya akan kekurangan dan kelaparan, tetapi mereka yang mencari Tuhan takkan kekurangan sesuatu pun.