Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

26 Oktober 2015

Penyertaan yang Sempurna


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

“Penyertaan-Mu sempurna, rancangan-Mu penuh damai. Aman dan sejahtera walau di tengah badai.” Potongan kalimat dari lagu ciptaan Jonathan Prawira ini sangatlah indah. Saya pribadi tidak tahu proses tercipta dan produksi lagu ini, tetapi saya yakin, lagu “Arti Kehadiran-Mu Tuhan” ini adalah kesaksian tentang betapa sempurna dan baiknya penyertaan dan rencana Tuhan.

Kalau kita melihat tiang awan dan tiang api dalam sejarah keluarnya orang Israel dari Mesir, kita akan mendapatkan bukti tentang tidak bercelanya perlindungan Allah. Bagaimana tidak. Gurun Sinai pada dasarnya adalah pegunungan yang amat panjang. Di sana siang hari panas menyengat serta membakar dan malam hari terasa dingin yang menggigit tulang. Tiang awan ada untuk memberi kesejukan di kala panas dan tiang api ada untuk memberi cahaya dan kehangatan di malam yang dingin dan gelap. Allah manakah yang melakukan hal yang demikian untuk manusia selain Allah kita? Air dipancarkan-Nya dari gunung batu. Laut dibelah-Nya menjadi tanah kering. Manna sorga diberikan-Nya untuk manusia.

Allah kita adalah Allah yang sama saat tiang awan dan tiang api ada. Ia masih sanggup menyatakan rencana-Nya yang sempurna. Tapi, jangan berharap hidup akan selalu lurus dan mulus. Kesulitan akan tetap ada tetapi pertolongan Allah kekal bagi orang-orang yang dikasihi-Nya. Ia tidak pernah meninggalkan kita sendiri, karena penyertaan-Nya sempurna.

Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.
(Mazmur 18:30)