Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

08 Oktober 2015

Jangan Menjadi Kecewa


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Fakta bahwa Yesus ditolak di tempat asalnya sungguh sangat menggelitik saya (Lukas 4:14-30). Orang-orang Israel yang menanti-nantikan kedatangan Mesias pasti sudah punya bayangan sendiri tentang seperti apakah Mesias itu, tetapi begitu mereka melihat Yesus mereka kecewa. Orang-orang Kapernaum yang mengetahui siapa Yusuf si tukang kayu sulit untuk menerima bahwa Yesus yang diwartakan sebagai Mesias yang akan datang itu adalah orang yang mereka kenal, orang biasa, yang tidak rupawan, tidak kaya raya, tidak megah, tidak wah (Yesaya 53:2-3), bahwa Ia tidak seperti yang mereka harapkan. Karena kekecewaan itulah mereka menolak untuk percaya kepada Yesus, karena kekecewaan itulah mereka menolak Yesus.

Kita mungkin punya harapan-harapan besar tentang pekerjaan Tuhan dalam hidup kita dan itu tidak salah. Akan tetapi, kita harus dapat membedakan antara berharap dan berusaha menyetir Tuhan. Karya-karya-Nya mungkin tidak sesuai dengan harapan kita, jalan-jalan-Nya mungkin tidak sama dengan jalan-jalan kita. Gagal untuk menyadari hal ini akan membuat kita jatuh di lubang kekecewaan yang dalam. Dan terlambat untuk menyadari kebenaran ini akan membuat kita menolak Tuhan.

Allah punya cara sendiri untuk mewujudkan rencana-Nya. Kita yang ambil bagian dalam rencana itu hanya perlu percaya. Mudah dikatakan namun seringkali sulit untuk dilakukan, karena mempercayai hal-hal besar dibalik hal yang sederhana bahkan sulit, tidaklah mudah. Percayalah bahwa dalam Tuhan Yesus Kristus ada pemulihan untuk segala yang rusak, harapan untuk jalan-jalan yang tertutup, kesembuhan untuk segala penyakit, penghiburan untuk setiap kesedihan, kebangkitan untuk kematian rohani bahkan fisik, dan segala kemungkinan.

Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku.
(Matius 11:6)