Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

27 Agustus 2015

Si Untung dan Si Buntung


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/


Ada dua orang anak dengan nama Untung dan Buntung. Ketika kecil, mereka kerap menjadi bahan ejekan. Si Untung selalu dikaitkan dengan keberuntungan dan si Buntung dikaitkan dengan kesialan yang bertubi-tubi. Si Buntung kerap mendapatkan penolakan kala berteman.

Seiring berjalannya waktu, Si Buntung ingin mengubah pandangan orang bahwa nama tak mempengaruhi kualitas kehidupan. Dengan kerja keras, Si Buntung pun menjadi pengusaha sukses, sedangkan Si Untung yang hanya mengandalkan keberuntungan menjadi sangat berkekurangan dalam hidupnya.

Sikap yang tepat dapat memutuskan rantai keburukan dan juga kutuk. Saat niat untuk berubah itu tidak tergoda oleh kemalasan, situasi paling buruk-pun dapat berubah menjadi kelimpahan. Tidak ada untung atau-pun buntung sebab semua tergantung pada tindakan yang kita ambil.

Jangan percaya akan ramalan manusia yang menjanjikan keberuntungan hidup. Berkat Tuhan yang sediakan. Yang menjadi permasalahannya adalah, apakah kita mau berbuat untuk menjemput bola? Menjemput berkat?

Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.
(Ulangan 11:26-28)