Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

25 August 2015

Melayani Bukan Mencari Untung


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Salah satu teman saja ada yang bekerja di sebuah restoran menjadi pelayan. Dia menjelaskan bahwa tugas pelayan adalah melayani dengan baik. Pelayanan terbaik kepada pelanggan dan juga tuannya tanpa mengeluh atau bahkan mencari keuntungan sendiri. Teman saya tidak bisa bertindak sesuka hati demi memuaskan egonya.

Lalu bagaimana posisi kita sebagai pelayan Tuhan? Ada banyak orang yang pada akhirnya tidak bisa melayani dengan tulus. Mereka memakai kedok pelayanan untuk memuaskan keinginannya sendiri. Di sinilah fungsi pelayan menjadi sumber kekecawaan orang banyak.

Pelayan bertugas untuk melayani Tuhan dan juga sesama tanpa menonjolkan keinginan diri sendiri terlebih dahulu. Kerendahan hati dan juga kasih harus bisa dikuasai sebelum memutuskan untuk menjadi pelayan.

Sebaik-baiknya kita melayani, yang Tuhan lihat adalah ketulusan hati. Jika niat kita untuk melayani telah cacat di hadapan Tuhan, maka semua yang telah kita lakukan tidaklah Tuhan perhitungkan.

Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

(1 Petrus 5:2)