Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

25 September 2015

Siapakah Ia yang berasal dari Allah?


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/


Setelah kita belajar banyak dari kehidupan Gayus, 3 Yohanes juga menunjukkan tokoh lain yang berbanding terbalik dengan Gayus. Dia adalah Diotrefes. Berbeda dengan Gayus yang ramah dan murah hati kepada orang-orang percaya, para pemberita Injil, dan para misionari, Diotrefes justru tidak mau menerima bahkan mengucilkan mereka, ia pun mencegah siapapun yang mau menerima mereka. Ia bukannya membantu, tetapi justru menghalangi orang lain yang ingin membantu. Nah, adakah Anda mengenal orang-orang seperti itu?

Kita mungkin bukan seorang penginjil ataupun pendeta, tetapi sebagai orang Kristen kita wajib untuk mendukung orang-orang yang bekerja bagi nama Tuhan. Kita mungkin tidak bisa ikut menginjil ke pelosok-pelosok, pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk memberitakan jalan selamat, tetapi kita masih bisa berdoa, mendukung dana, atau turut ambil bagian dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. Kepada orang-orang Kristen yang tidak melakukan satupun dari hal itu, apalagi menghalangi orang lain yang ingin melakukannya, ayat 11 menulis supaya tidak ada orang Kristen lain yang menirunya.

Sudahkah kita berbuat sesuatu untuk pekerjaan Tuhan? Kalau belum, kita bisa memulainya sekarang. Hal-hal kecil yang kita lakukan untuk pemberitaan Injil, hal-hal sederhana yang kita berikan untuk para pelayan Kristus, hal-hal yang mungkin hilang atau berkurang dari diri kita karena Tuhan, tidak akan pernah sia-sia. Allah yang mengetahuinya tidak akan berhutang kepada kita. Sebaliknya, jangan sampai kita menjadi orang Kristen yang tidak pernah memberi kontribusi apapun bagi pekerjaan Tuhan. Sudah tidak melakukan apa-apa, masih menghalangi orang lain untuk melakukannya pula. Jika demikian, kita pastilah orang Kristen asal-asalan saja.

Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah.
(3 Yohanes 1:11)