Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

21 September 2015

Berbuat Baiklah Setiap Waktu tanpa Pamrih

http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Chen She Chu adalah seorang pedagang sayur-mayur di sebuah daerah di Tenggara Taiwan. Ia bukan seorang dengan pendidikan tinggi, seorang yang mempunyai kedudukan di masyarakat, tidak juga seorang konglomerat dengan harta berlimpah. Akan tetapi, ia dicatat sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia, sejajar dengan Bill Clinton (mantan presiden Amerika Serikat) dan Jet Li (aktor terkenal China). Memang, apa yang sudah dilakukannya?

Selama 17 tahun terakhir hidupnya, Chen sudah menyumbangkan kurang lebih 2,8 miliar rupiah ke panti-panti dan yayasan-yayasan sosial. Ia melakukannya karena menurutnya uang akan berguna di tangan mereka yang benar-benar membutuhkannya. Kesetiaan, kemurahan, dan kebaikan hatinya telah membuatnya tercatat sebagai salah satu pahlawan Asia, meski sebenarnya ia merasa bahwa apa yang dilakukannya bukanlah suatu hal yang perlu disebarluaskan ataupun dikonteskan.

Orang cenderung berpikir untuk melakukan sesuatu yang besar bila mereka sudah menjadi “besar”. Kalau saya sudah punya pekerjaan tetap, kalau saya sudah mendapatkan gaji sekian, kalau saya sudah kaya… baru saya akan memberi, baru saya akan menyumbang, atau baru saya akan melakukan hal baik ini dan itu. Tapi, Chen membuktikan kepada kita bahwa melakukan kebaikan tidak perlu menunggu waktu yang tepat, karena setiap saat adalah kesempatan untuk berbuat baik. Chen juga mengingatkan kita untuk berbuat baik tanpa mengharapkan imbalan, karena imbalan bagi mereka yang senang berbuat baik adalah kebahagiaan illahi karena berbuat baik.

Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan, dan ketidakbinasaan.

Roma 2:6-7