Penghormatan kepada Ekaristi. Di dalarn liturgi misa kita menyatakan iman kita bahwa Kristus sungguh hadir dalam rupa roti dan anggur, antara lain dengan berlutut atau menundukkan diri sebagai tanda penyembahan Tuhan. "Gereja Katolik menyembah Ekaristi kudus tidak hanya selama misa kudus, tetapi juga di luar perayaan misa, kalau ia menyimpan hosti yang telah dikonsekrir dengan perhatian besar, mentakhtakannya untuk disembah oleh umat beriman secara meriah dan membawanya dalam prosesi"
Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? Semua lawanku dan musuhku akan tergelincir jatuh.
Doa
Ya Allah, Engkaulah sumber segala kebaikan. Kepada-Mu kami mohon dengan rendah hati, anugerahkanlah terang-Mu pada kami, agar dapat memikirkan apa yang benar, dan berikanlah bimbingan-Mu kepada kami untuk melakukannya. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Pertama Raja-Raja (17:17-24)
"Ia anakmu, ia sudah hidup!"
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Aku hendak memuji nama-Mu ya Tuhan, selama-lamanya.
Ayat. (Mzm 30:2.4.5-6.11.12a.13b; Ul: 2a)
- Aku akan memuji Engkau, ya Tuhan, sebab Engkau telah menarik aku ke atas, dan tidak membiarkan musuh-musuhku bersukacita atas diriku. Tuhan, Engkau mengangkat aku dari dunia orang mati, Engkau menghidupkan daku di antara mereka yang turun ke liang kubur.
- Nyanyikanlah mazmur bagi Tuhan, hai orang-orang yang dikasihi oleh-Nya, dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus! Sebab hanya sesaat Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.
- Dengarlah, Tuhan dan kasihanilah aku. Tuhan, jadilah Penolongku! Aku yang meratap Kauubah menjadi orang yang menari-nari. Tuhan, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia (1:11-19)
"Ia berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam diriku supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Bait Pengantar Injil, do = g, 4/4, PS 963
Ref. Alleluya, alleluya. Alleluya, alleluya.
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali
Ayat. (Luk 7:16)
Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita, dan Allah telah mengunjungi umat-Nya.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (7:11-17)
"Hai Pemuda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!"
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Siapa yang tidak kenal Rasul Paulus? Ia adalah seorang rasul dengan latar belakang yang benci dengan para pengikut Kristus. Ia melakukan kekejaman dan pembantaian kepada para pengikut Kristus sebelum ia bertobat. Ia tahu akan kejahatan yang diperbuatnya. Akan tetapi, hal itu tetap dilakukan, sampai Tuhan sendiri menyentuh, mengubah, mempertobatkan dan memakainya sebagai alat, yaitu rasul yang sangat setia dan tekun mengabdi Tuhan. Ia adalah salah satu bukti bahwa rencana Tuhan tidak terhalang oleh latar belakang, situasi dan kelemahan manusiawi. Yang tidak mungkin bagi kita selalu mungkin bagi Dia, karena Tuhan adalah raja. Raja yang penuh kuasa dan kasih. Artinya, setiap orang yang percaya, setia dan dipakai sebagai alat Tuhan, ia pasti penuh kuasa dan kasih.
Pengalaman para nabi pada zaman dahulu pun sama dengan pengalaman Rasul Paulus. Para nabi tahu kepada siapa mereka percaya dan apa yang mereka lakukan. Justru karena percaya pada Tuhan, para nabi bertindak dengan penuh wibawa dan kuasa. Tanpa ragu nabi meminta kepada Tuhan dan tanpa ragu Tuhan mengabulkan doa-doa mereka. Jelas terbukti, bahwa selain Tuhan, raja yang penuh kuasa dan kasih, telinga Tuhan selalu tertuju pada hamba-Nya dan tangan-Nya selalu terulur untuk segera menolong. Inilah yang diimani para kudus di zaman kita. Inilah yang kita imani di zaman sekarang.
Tugas kita sebagai orang beriman sekarang, bukan lagi membuktikan kuasa Tuhan, sang raja belas kasih. Tugas kita adalah melakukannya. Melakukan dengan sadar, sabar, penuh keyakinan dan ketekunan. Seperti kata Beata Teresa dari Kalkuta, "Saya lebih suka Anda berbuat kesalahan dalam belas kasih dan kebaikan daripada membuat mukjizat dalam kekerasan dan kekejaman."
Tuhan menghidupkan dan menyelamatkan. Injil-Nya menghidupkan dan menyelamatkan. Konsekuensi iman akan Tuhan adalah menjadi insan beriman yang bisa menghidupkan dan menyelamatkan. "Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup". Sentuhan dan seruan Tuhan kepada anak muda di Nain adalah sentuhan bukan saja kepada orang banyak yang menyaksikan peristiwa itu, tetapi juga kepada kita yang membaca, mendengar dan mempercayainya. Sentuhan dan seruan yang sama harus bisa membangkitkan iman kita sendiri akan Tuhan. Dengan demikian, sentuhan dan seruan yang keluar dari bibir kita pun akan bisa membangkitkan iman orang lain.
Belas kasih adalah kebutuhan. Tanpa belas kasih kita tidak dapat bertahan hidup. Ada banyak hal di luar kemampuan dan daya nalar. Karena itu biarkan iman yang memberikan peneguhan. Injil hari ini mengajak kita untuk bisa berbelas kasih seperti Yesus. Misalnya, mendengarkan dengan sikap toleran, melihat dengan penuh kepedulian, berbicara dengan bahasa cinta dan berbuat dengan penuh kuasa.
Ketika kita bisa mengalahkan ego, kebutuhan, pikiran dan perasaan kita sendiri, inilah tandanya kita hidup dalam belas kasih. Tanda ini akan selalu melekat dalam hidup kita, karena kuasa Tuhan yang meraja dan kita membiarkan Dia berkarya dalam diri kita. Kehilangan Dia membuat hilang semangat hidup. Kehilangan Dia membuat hilang tujuan hidup. Terpujilah Tuhan!
Bonifasius berasal dari sebuah keluarga Angolsakson. Ia lahir pada tahun 680 di Crediton, Inggris, dari pasangan orang-tua yang Katolik. Namanya sejak kecil ialah Winfried. Pertemuan dengan para misionaris sudah dialaminya sejak masa kecilnya. Para misionaris ini biasanya singgah di rumah mereka dan bercerita banyak tentang pengalaman mereka di seberang Laut Utara. Cerita-cerita para misionaris ini membangkitkan dalam hati Bonifasius keinginan untuk mengikuti jejak mereka. Ketika meningkat dewasa, Bonifasius masuk biara di Nursling. Di biara ini, ia dididik dan dilatih untuk menjadi seorang rasul yang tangguh. Akhirnya ia berhasil ditabhiskan menjadi imam dan diutus ke Frisia. Tetapi karena bangsa Frank yang telah banyak menjadi Kristen adalah musuh orang Frisia, maka penyebaran Injil disini dilarang. Oleh karena itu, Winfried kemudian pergi ke Roma. Oleh Paus Gregorius II (715-731), ia diterima dengan baik dan diberi nama baru Bonifasius yang berarti “yang mujur”. Dari Roma Bonifasius diutus ketengah-tengah bangsa Jerman. Tugas perutusan yang berat dan berbahaya ini dijalankannya dengan setia. Di Jerman, Bonifasius pertama-tama pergi ke Hesse, kemudian ke Thuringia, Bavaria dan akhirnya ke Frisia. Para sahabatnya di Inggris mendukungnya dengan doa-doa, keperluan-keperluan altar dan gereja.
Atas permintaan Paus Gregorius II, ia sekali lagi pergi ke Roma pada tahun 722, dan disana ia ditabhiskan menjadi Uskup. Setelah itu, Bonifasius kembali ke Jerman sebagai utusan Sri Paus untuk melayani gereja disana. Ia mendirikan banyak gereja dan biara serta mengadakan pembaharuan hidup rohani umat dan para imamnya. Banyak misionaris baru, imam maupun suster, didatangkan dari Inggris. Dari antara misionaris-misionaris ini,terkenallah suster-suster: Tekla, Walburga dan Lioba serta dua orang imam yang kemudian menjadi orang kudus: Santo Lulus dan Santo Eobanus.
Untuk tetap memelihara hidup rohaninya, Bonifasius mempergunakan beberapa minggu dalam setahun untuk beristirahat dan berdoa di kota Fulda. Kota Fulda ketika itu menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Dengan cara ini, Bonifasius berkembang menjadi seorang uskup yang saleh dan suci. Pada usianya yang lanjut itu, ia sekali lagi pergi ke Frisia bersama beberapa imam untuk menerimakan Sakramen Krisma. Tetapi di daerah Dokum, Bonifasius bersama imam-imam itu diserang segerombolan orang-orang kafir. Para imam yang bersamanya dan orang-orang serani di tempat itu bertekad melawan serang itu. Melihat hal itu Bonifasius berkata: “Anak-anakku! Janganlah berperang! Hari yang sudah lama kutunggu dengan penuh kerinduan akhirnya tiba juga. Biarlah Tuhan berperang melawan mereka.” Bonifasius dengan para imam yang menyertainya dalam perjalanan itu dibunuh karena imannya, bersama-sama 53 orang serani. Peristiwa ini terjadi pada tahun 754. Kemudian jenazahnya dibawa ke Fulda. Bonifasius dikenal sebagai perintih pewartaan Injil di Jerman dan dihormati sebagai pelindung negeri Jerman.
Santo Ferdinandus Constante, Martir
Ferdinandus dijuluki ‘Pangeran Tabah’ (=El Pricipe Constante) ia ditangkap oleh tentara Maroko ketika bersama saudaranya, Henrikus Navigator, berperang di Ceuta. Ia menjadi sandera dan karena tak mampu membayar uang tebusan, Ferdinandus tidak dibebaskan. Lalu ia disiksa dengan keji sampai mati pada tahun 1443.