Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

29 Desember 2015

Saling Mengasihi Orang Kristiani Adalah Sebuah Tanda Paling Kuat Bagi Dunia Mengenai Kasih Allah

(Bacaan Pertama Misa Kudus, Hari kelima dalam Oktaf Natal, Selasa, 29 Desember 2015)


http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Inilah tandanya bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Siapa yang berkata, “Aku mengenal Dia”, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. Tetapi siapa yang menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui bahwa kita ada di dalam Dia. Siapa yang mengatakan bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Saudara-saudara yang terkasih, bukan perintah baru yang kutuliskan kepada kamu, melainkan perintah lama yang telah ada padamu sejak semula. Perintah lama itu ialah firman yang telah kamu dengar. Namun kutuliskan kepada kamu perintah baru juga, yang benar di dalam Dia dan di dalam kamu; sebab kegelapan sedang lenyap dan terang yang benar telah bercahaya. Siapa yang berkata bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudara seimannya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang. Siapa yang mengasihi saudara seimannya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan. Tetapi siapa yang membenci saudara seimannya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya. (1Yoh 2:3-11)

Mazmur Tanggapan: Mzm 96:1-3,5-6; Bacaan Injil: Luk 1:22-35 

“Siapa yang mengasihi saudara seimannya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan” (1Yoh 2:10).

Yesus menginginkan agar kasih kita satu sama lain menjadi tanda yang paling kuat bagi dunia mengenai kasih Allah dan keabsahan Injil. Ada orang yang mengatakan: “You may be the only Bible another person may ever read” (anda mungkin adalah Alkitab satu-satunya yang pernah dibaca oleh seorang pribadi yang lain).

Manakala kita mendiskusikan metodologi penyebaran kerajaan Allah, maka semua kata yang ada dalam dunia hampir tidak mampu menyaingi kesaksian-hidup dari kasih sejati yang serupa dengan yang telah ditunjukkan Kristus sendiri. Mengapa? Karena kuasa dosa telah memisahkan dan mengisolasi, sedangkan kesaksian penyembuhan dan rekonsiliasi antara orang-orang menunjukkan kekuatan Allah yang jauh lebih besar.

http://theresia-patria-jaya.blogspot.com/

Yesus bersabda kepada para murid-Nya: “Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu” (Yoh 15:12). Dapatkah kita membayangkan betapa berbedanya keluarga kita, lingkungan/wilayah/paroki kita atau tempat kerja kita masing-masing, jikalau kita saling mengasihi satu sama lain seperti Yesus telah mengasihi? Apabila kita mematikan semua kemarahan, ketamakan, fitnah, umpatan, kepahitan, gosip, kecemburuan dlsb., maka kita akan mempunyai sebuah dunia yang damai-sejahtera! Santo Yohanes menulis: “Siapa yang mengatakan bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup” (1Yoh 2:6). Kita suka menghaturkan doa permohonan agar dianugerahkan karunia agar mampu mewartakan Injil yang memikat hati para pendengar, karunia untuk menyembuhkan, atau karunia untuk bernubuat, atau karunia untuk membuat mukjizat seperti yang telah dilakukan Yesus. Akan tetapi, bagaimana dengan karunia untuk mau dan mampu mengasihi orang lain seperti Yesus telah mengasihi??? Berapa banyak dari kita umat Kristiani yang menghaturkan doa permohonan agar dapat mengasihi seperti Yesus telah mengasihi?

Kadang kala orang-orang menyakiti hati kita. Mungkin juga ada orang-orang yang secara sengaja menyakiti hati kita. Oleh karena itu kita dapat merasa wajar atau merasa dibenarkan apabila kita menanggapinya dengan kemarahan dan penolakan. Namun demikian, ingatlah bagaimana Yesus memperlakukan orang-orang yang mendzalimi-Nya. Dia mengampuni mereka dan berdoa bagi mereka (lihat Luk 23:33-34). Dengan cintakasih yang intens dan tanpa syarat, Yesus berupaya memimpin mereka ke dalam kerajaan Allah. Si anak yang hilang (lihat Luk 15:11-32) tidak akan kembali ke rumah bapaknya sampai rumah itu dipenuhi dengan kasih sang bapak.

Sekarang, adakah seseorang dalam hidup anda yang sulit untuk anda kasihi? Lupakanlah apa yang harus dilakukan oleh orang itu. Pikirkanlah bagaimana anda akan menjadi seorang pelayan rekonsiliasi. Bagaimana anda akan mengasihi mereka agar mereka dapat masuk ke dalam kerajaan Allah? Memang semua ini tidak mudah dan tidak dapat terwujud secara instan. Namun kita harus ingat, bahwa kita mempunyai Roh Kudus yang hidup dalam diri kita dan dalam Dia tidak ada yang mustahil. Ingatlah juga bahwa buah rekonsiliasi dan saling mengasihi mengharuskan kita mati terhadap diri kita sendiri, artinya mati terhadap segala kepentingan diri-sendiri dalam segala bentuknya.


Mazmur Tanggapan, do = d, 3/4; 4/4, PS 806
Ref. Hendaklah langit bersuka cita, dan bumi bersorak-sorai dihadapan wajah Tuhan, kar'na Ia sudah datang.
Ayat. (Mzm 96:1-2a.2b-3.5b-6)

  1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, hai seluruh bumi! Menyanyilah bagi Tuhan, pujilah nama-Nya!.
  2. Kabarkanlah dari hari ke hari keselamatan yang datang dari pada-Nya, ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa, kisahkanlah karya-karya-Nya yang ajaib di antara segala suku.
  3. Tuhanlah yang menjadikan langit, keagungan dan semarak ada di hadapan-Nya, kekuatan dan hormat ada di tempat kudus-Nya.

DOA: 
Tuhan Yesus, penuhilah hatiku dengan kasih-Mu yang berkelimpahan. Berikanlah kepadaku rahmat yang kubutuhkan untuk mencapai rekonsiliasi dengan keluargaku, para warga lingkungan/wilayah/parokiku, rekan-rekan kerjaku, teman-temanku dan orang-orang lain. Terima kasih penuh syukur kuhaturkan kepada-Mu untuk segala kebaikan-Mu kepadaku.
Amin.