Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

24 Maret 2017

Sabtu, 25 Maret 2017 == Hari Biasa Pekan III Prapaskah, Hari Raya Kabar Sukacita

 Lukas 1:26-38
Bacaan dari Kitab Yesaya (7:10-14; 8:10)

Tuhan berfirman kepada Raja Ahas, “Mintalah suatu pertanda dari Tuhan, Allahmu, entah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah, entah sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas.” Tetapi Ahas menjawab, “Aku tidak mau minta! Aku tidak mau mencobai Tuhan!” Lalu berkatalah Nabi Yesaya, “Baiklah! Dengarkanlah, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? Sebab itu, Tuhan sendirilah yang akan memberikan suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamai Dia Imanuel, artinya: Allah menyertai kita.”

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah. 

Mazmur Tanggapan, do = f, 4/4, PS 850
Ref. Ya Tuhan, aku datang melakukan kehendak-Mu.
Ayat. (Mzm 40:7-8a.8b-9.10-11, Ul: 8a.9a)

  1. Kurban dan persembahan tidak Kauinginkan, tetapi Engkau telah membuka telingaku; kurban bakar dan kurban silih tidak Engkau tuntut, lalu aku berkata, "Lihatlah, Tuhan, aku datang!" 
  2. Dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku: "Aku senang melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada di dalam dadaku." 
  3. Aku mengabarkan keadilan di tengah jemaat yang besar, bibirku tidak kutahan terkatup; Engkau tahu itu, ya Tuhan. 
  4. Keadilan-Mu tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan dan keselamatan-Mu kubicarakan, kasih dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan, tapi kuwartakan kepada jemaat yang besar. 
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (10:4-10)
      
Saudara-saudara, tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa. Karena itu ketika Kristus masuk ke dunia, Ia berkata, "Kurban dan persembahan tidak Engkau kehendaki. Sebagai gantinya Engkau telah menyediakan tubuh bagiku. Kepada kurban bakaran dan kurban penghapus dosa Engkau juga tidak berkenan. Maka Aku berkata: Lihatlah, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allahku." Jadi mula-mula Ia berkata, "Engkau tidak menghendaki kurban dan persembahan; Engkau tidak berkenan akan kurban bakaran dan kurban penghapus dosa -- meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat. -- Dan kemudian Ia berkata, "Lihat, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu." Jadi yang pertama telah Ia hapuskan untuk menegakkan yang kedua. Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah


Bait Pengantar Injil, do = bes, 4/4, PS 965
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal
Ayat. (Yoh 1:14ab)

Firman telah menjadi manusia, dan diam di antara kita dan kita telah melihat kemuliaan-Nya. 

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (1:26-38)

Dalam bulan yang keenam Allah mengutus Malaikat Gabriel ke sebuah kota di Galilea, bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. Ketika masuk ke rumah Maria, malaikat itu berkata, “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya, “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya. Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya, dan kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.” Kata Maria kepada malaikat itu, “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku tidak bersuami?” Jawab malaikat itu kepadanya, “Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, dan inilah bulan yang keenam bagi dia yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.” Maka kata Maria, “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan

Maria adalah Bunda Allah, Bunda Gereja, Bunda kita semua orang Katolik. Maria adalah hamba Allah yang sangat taat, percaya penuh akan kehendak Allah, Maria berani menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, karena itu Ia adalah teladan hidup kita.
Maria mendapat tempat tersendiri di hati kita. Ia kita hormati sebagai Ibu dari Yesus Kristus, maka kita pantas menghormati Maria dengan berdevosi, Rosario , Novena Tiga Salam Maria, karena kita percaya bahwa dengan perantara Maria doa dan permohonan kita akan disampaikan kepada puteranya Yesus Kristus. 


Seperti peristiwa mukjizat pertama di Kana, Yesus tak kuasa menolak permohonan IbuNya, Maria, untuk mengubah air menjadi anggur. 

Saat Yesus disalib, Ia berkata kepada Maria ibuNya,” Ibu, inilah, anakmu”, kemudian Ia berkata kepada murid-murid yang dikasihiNya,”inilah Ibumu”(Yohanes 19 : 26-27). Karena itu Yesus pun ingin agar kita menerima Maria sebagai “ibu” kita.

Kata-kata Maria "Aku ini hamba Tuhan,terjadilah padaku menurut perkataanMu" mengajarkan kita untuk selalu berserah diri dan percaya sepenuhnya pada Tuhan.


Hari istimewa ini harus diisi dengan pujian syukur atas rencana indah Allah bagi keselamatan kita. Inilah awal inkarnasi: Sang Sabda menjadi daging dan tinggal di antara kita. Salam Gabriel kepada Maria menyiratkan sukacita atas kedatangan Mesias. Apa yang terjadi dalam rahim Maria adalah karya indah Allah. Ia menyatakan kedalaman kasih-Nya, merendahkan Diri-Nya dan menjadi sama dengan manusia.


Sadar akan posisinya sebagai hamba Allah, Maria menerima tugas pelayanan ini tanpa syarat. Di sinilah letak kemuliaan Maria: bukan karena ia menjadi Bunda Allah, namun karena berani menanggapi panggilan Allah dengan sukacita iman. Ia setia dari Nazaret sampai Golgota, bahkan fiat “Ya” Maria kiranya dapat disandingkan dengan fiat Yesus untuk ‘minum cawan penderitaan’ dalam ketaatan kepada Bapa-Nya. Seperti Yesus, Sang Imam Agung, Maria pun mengosongkan diri dan memberi seluruh hidupnya kepada Allah demi keselamatan manusia. Semoga bersama Maria, kita selalu mampu menjawab ‘Ya’ kepada kehendak Allah, hari ini dan di sepanjang ziarah hidup kita.


Maria menerima Kabar gembira dari Malaikat Gabriel



Salam engkau yang penuh rahmat, Tuhan sertamu, terpujilah engkau diantara wanita. Demikianlah salam Malaikat Gabriel kepada Maria. Selanjutnya Malaikat Allah itu berkata: Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki- laki dan hendaklah engkau menamai Dia, Yesus.

Gereja merayakan peristiwa ini secara khusus mengingat arti dan maknanya bagi keselamatan manusia. Boleh dikatakan peristiwa Sabda menjadi daging berawal pada saat Maria menyatakan kesediaannya dan persetujuannya kepada Malaikat Gabriel, pembawa khabar gembira itu, dan semenjak itu pula Maria menjadi Bunda Allah. Satu hal yang harus kita camkan dalam hati ialah hormat Allah pada Maria sebagaimana terlihat dalam permintaan kesediaan Maria untuk menerima Sabda Allah dalam rahimnya. Disini Allah tidak memaksa Maria, tetapi meminta kesediaannya. Maria sendiri menyadari bahwa Tuhan memilih dia karena menganggap dia layak untuk menerima khabar gembira itu. Tetapi sebagai manusia, Maria masih tampak ragu- ragu akan makna khabar itu. Oleh karena itu, ia menanyakan lebih lanjut keterangan dari malaikat Allah itu: Bagaimana hal ini mungkin terjadi ? Dan ketika ia sudah merasa pasti akan makna khabar gembira malaikat itu, Maria berkata: Aku ini hamba Tuhan; terjadilah padaku menurut perkataan Mu.

Semoga hari raya Khabar Sukacita ini menumbuhkan dalam diri kita semangat ketaatan ada Allah dan kesediaan berkerja sama dengan Allah dalam karya penyelamatan Nya.