Selamat Datang di Blog Patria Jaya dsk. - Santa Theresia
Wilayah 4, Paroki Lubang Buaya - Gereja Kalvari, Jakarta Timur

07 November 2016

SURAT KELUARGA NOVEMBER 2016: Membangun Rumah Tangga (MRT)

Bersama surat ini, kita semua sedang berdoa untuk semua keluarga-keluarga kita, khususnya mereka yang telah dipanggil oleh Bapa di surga. Kita dengan sungguh-sungguh memohon agar para arwah yang kita doakan dapat memandang wajah Allah di surga dan menikmati damai sejahtera kekal bersama-Nya. Kiranya setiap doa kita yang kita sampaikan dengan tulus dan penuh cinta, mendapat tempat di hati Tuhan.

Bulan November untuk Keuskupan kita juga menjadi bulan bersejarah, karena kita akan memulai babak baru persiapan perkawinan dengan program Membangun Rumah Tangga (MRT) yang segera akan menggantikan program Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) yang telah berlangsung selama beberapa dekade, puluhan tahun, dan dirasa tidak lagi cocok dengan situasi dan kondisi para calon menikah di Gereja Katolik.

Persiapan perkawinan adalah sesuatu yang penting untuk saudara-saudari kita yang akan menikah. Selain untuk memberi pengetahuan dasar yang cukup, program persiapan perkawinan perlu mendekatkan setiap pasangan yang menikah dengan hidup Gereja, agar mereka bukan saja membangun rumah tangga, tetapi membangun hidup beriman melalui kehidupan berkeluarga yang penuh iman, cinta, tekun, tangguh, saling mendidik, dan akhirnya dapat menjadi contoh bagi keluarga-keluarga yang lain dalam hal kebajikan dalam hidup sehari-hari.

Dalam keluarga kita, pasti ada permasalahan yang menantang setiap orang yang berada di dalamnya untuk menyelesaikan dan keluar dari masalah yang menimbulkan perasaan tidak nyaman dan tidak bahagia. Belajar dari pengalaman semua itu, saya dan teman teman penyusun MRT, mengusung topik-topik yang kurang lebih akan dapat dipakai oleh para calon menikah di awal kehidupan berkeluarga mereka. Permasalahan yang kita alami bersama dapat kita kurangi dan hindari melalui penyadaran sejak dini sebelum pernikahan dimulai.



Inilah topik- topik yang akan disampaikan:
  1. Mengetahui Pengenalan diri kedua pihak
  2. Memahami cara berkomunikasi
  3. Mewujudkan harapan kedua pihak
  4. Memahami cinta kedua pihak
  5. Memahami perkawinan pada umumnya
  6. Memahami perkawinan Katolik yang sakramental
  7. Mengerti tata cara liturgi perkawinan
  8. Mengelola keuangan rumah tangga
  9. Memahami pentingnya pengolahan rohani keluarga
  10. Menyadari pentingnya panggilan hidup anak-anak
  11. Memahami pengaturan kelahiran
  12. Menemukan misi keluarga bersama-sama

sakramen-perkawinanKeluarga-keluarga Katolik terkasih. Sambil berdoa dan berharap kebaikan terjadi dalam keluarga kita masing-masing, marilah kita mendorong banyak anak muda yang sedang berpacaran untuk mencari pasangan seiman, agar keluarga lebih mudah berdoa bersama, beribadah bersama, dan mendidik anak-anak bersama dalam suasana yang lebih nyaman karena iman yang sama.

Semoga melalui program baru ini, kita semua dapat mempersiapkan perkawinan dengan lebih gembira, lebih siap, dan lebih berharap kepada yang Mahakuasa, Allah yang merindukan kebaikan terjadi pada setiap keluarga kita. Tuhan memberkati.

Salam Keluarga Kudus
Alexander Erwin MSF
Komisi Kerasulan Keluarga KAJ
Gedung Karya Pastoral
Jl. Katedral 7
Jakarta10710

Sumber : KAJ